Kamis, 24 Agustus 2017

MASJID AL-QOMAR: Program Kerja IRMA Masjid Al Qomar Cilacap.

MASJID AL-QOMAR: Program Kerja IRMA Masjid Al Qomar Cilacap.: ➺== = = = == == = = = = = = == = = == = = = == == = = = = = = == = = == = = = == == = = = = = = == = = == = = = == == = = = = = = P R O G...

Surat Al Baqarah : Ayat pilihan                     Ruku'-ke-1.

                               بسم الله الرحمن الرحيم 

Penjelasan : Surat Al Baqarah Ayat.1 ( Hari ke-1)


   الم   Ayat ini termasuk  mutasyabihat
           ( Hanya Allah mengetahui).

   Penjelasan : Surat Al Baqarah Ayat.2 
                     ( Hari ke-2)

                 

                     ذلك الكتب لا ريب فيه هدئ للمتقين 

           Penjelasan  Ilmu Tajwid : = Surat Al Fatihah.

Ayat tersebut diatas merupakan susunan jumlah isimiyah,
yang mempunyai khabar berupa jumlah isimiyah pula,
sehingga didalam khabar tersebut mengandung Mubtada-2.
dan khabar 2 dan seterusnya.

( lihat :MISI 005/1B AM bait 119)  Al Fiyah Ibnu Malik

.

(ذلك)Dzalika = Merupakan  isim isyarah,berfungsi sebagai 

                        Mubtada 1,dengan maksud mengagungkan  

                        kitab Al Qur'an

                        (lihat: MISI 006/1A JM. Bab.I Pasal;6 )

(الكتب)Al kitabu.......lilmutaqiin =Merupakan jumlah 
                        isimiyah berfungsi sebagai khabar 1.
                        ( lihat : MISI 005/1B  AM. bait 119)

                        Al kitabu =Merupakan isim  Ma'rifat 
                        berfungsi sebagai mubtada 2 juga sebagai
                         khabar 1,(AM bait 119)

(لا ريب فيه)laa raiba fiihi  = Merupakan kalimat nafi
                       (penolakan)  berfungsi sebagai  khabar-2. 
                       terdiri dari susunan Lam nafi   jinsi dan 
                       susuna huru jer.

                        raiba adalah isim yang terletak  sesudah
                        Lam nafiyah  dibaca  nashab (Fathah)


   (   فيه    )   Fii hi   = Fii adalah huruf jer dan Hi adalah isim 

                                  dhomir sesudah huruf jer dibaca jer
                                  (kasrah).


(هدئ للمتقين)hudal lil mutaqiin =Merupakan jumlah isimiyah

                                                   sebagai khabar -2


                   Huda    = Isim Masdar sebagai mubtada-3,
                                  merupakan    tamyis (keterangan)dari 
                                  Al kitabu,


lil mutaqiin =Khabar-3 dengan susunan huruf jer.berfungsi

                      sebagai maf'ul jama' dengan tanda ya mati dan 

                      nun fathah.


Dengan demikian QS.2. ayat 2 bisa diartikan sbb:


002. Kitab (Al Qur'an) ini tidak ada keraguan padanya;

        petunjuk bagi mereka yang bertakwa,



-Tafsir : Jalalain Juz 1.     
 Ilmu Nahwu : File code.MISI 005/01B.


002. (Kitab ini) yakni yang dibaca oleh Muhammad saw. 
        (tidak ada keraguan) atau kebimbangan (padanya)
         bahwa  ia benar-benar dari Allah swt.
         Kalimat negatif menjadi predikat dari subyek
         'Kitab ini',  sedangkan kata-kata isyarat 'ini' 
         dipakai  sebagai  penghormatan. (menjadi petunjuk)
         sebagai predikat kedua, artinya menjadi penuntun 
         (bagi orang-orang yang bertakwa) maksudnya 
          orang-orang yang mengusahakan diri mereka supaya
         menjadi takwa dengan jalan mengikuti  perintah dan
         menjauhi larangan demi menjaga diri dari api neraka.

         Setelah kita meminta petunjuk didalam surat Al Fatihah 
         ayat 6,maka Allamemberikan petunjuk yang dijelaskan 
         didalam ayat ini.yaitu Al Qur an sebagai Hudan(هدئ ) .

         Dalam ilmu Balaghah(kitab Jauhar Maknun Bab II 
         pasal 6)  menjelaskan :musnad ilaihi (dzalika) berupa 
         isim isyarah dimaksudkan untuk mengagungkan/
         memuliakan musyar ilaihi(al kitabu). 
         file code.MISI 006/01A


Kandungan pelajaran : 

I. Nahwu :Khabar (predikat) jumlah Isimiyah bisa berupa 
                 jumlah Isimiyah. (AM.B-119)
I. Ma'ani  :Kitab Al Qur'an harus diagungkan (JM-BAB I
                  pasal 6)

Formula : Jumlah isimiyah  = Mubtada  + Khabar



Penjelasan : Surat Al Baqarah Ayat.3 
                   ( Hari ke-3)



                  الذئن يوء منون بالغيب ويقيمون الصلاة

                                   و مما رزقنهم ينفقون


 Alladzina = adalah  isim maushul (kata sambung) jama’
                       sebagai mubtada (subject) dengan ditandai
                       Ya   mati dan nun.
                       Maksud dari susunan kalimat ini dibentuk 
                       ialah untuk mengkonkritkan tujuan (taqrir) 
                       dari kalimat sebelumnya yaitu kalimat 
                       mutaqiin.(JM Bab-2 pasal 5 file.MISI 
                       006/01A)

   AM B-88  Lafad isim maushul yang berupa isim yaitu
                     alladzi untuk waqi’ mufrad mudzakar( orang
                     laki-laki tunggal) Tetapi kalau perempuan 
                     tunggal allati kadang kadang diucapkan alladzu
                     untuk laki laki atau allatu untuk perempuan.

  AM B-89  Apabila untuk tatsniyah(orang dua) ya dibuang
                   dan nun nya bisa ditasjid: apabila rafa  diganti
                   dengan alif dan nun (alladzaanni;allataanni)
                   apabila nashab/jer diganti dengan Ya dan nun
                   (alladzainni;allatainni)

  AM B-91  Apabila waqi’ jama’ mudzakar maka memakai
                   al ula atau alladzina walaupun kondisi makhal 
                   nya rafa’/nashab/jer.

يوء منون) yu'minuna adalah jumlah fi’iliyah sebagai khabar
                  (predikat) dari aladzina,sedangkan bil goibi 
                   sebagai maf’ul bihi(object-1)  dengan huruf jer 
                   Bi maka huruf akhirnya dibaca kasrah.
                  yuqimuna  adalah fi’il mudhorik (kata kerja masa
                   sekarang/masa   yang akan datang) dengan tanda
                    mempunyai mudharaah (awalan) Ya,dalam 
                   bentuk jama’(lebih dari dua) ditandai wawu mati
                  dan  nun  fathah.(rafa’ jama’) pada akhir kalimatnya.
            Wa  adalah athaf nashaq yang mempunyai arti dan
                    rujuk(kembali artinya ) kepada Alladzina.

      ( الصلاة)Ash sholaata adalah maf’ul bihi (object-2) 
                   merupakan  isim ma’rifat dibaca nashab (Fathah)

        (مما)   Mimmaa   adalah (isim maushul) kata sambung 

                    (B-88  B-93).

( رزقنهم) razaqnaahum adalah jumlah  fi’iliyah (razaq 
                   sebagai fi’il ; Naa adalah isim dhomir 
                   sebagai fail sedangkan hum  adalah isim dhomir 
                    sebagai maf’ulbihi (object-3)

(ينفقون) yunfiquun adalah fi'il mudharik jama' mudzakar salim.

Dengan demikian  Q.2/ayat 3 bisa diterjemahkan sbb:

           003. (yaitu) mereka yang beriman kepada yang ghaib,
                   yang mendirikan shalat dan menafkahkan 
                   sebahagian rezki  yang kamianugerahkan 
                   kepada mereka,

Tafsir Jalalain Juz 1.
           003. (Orang-orang yang beriman) yang membenarkan
                   (kepada yang gaib) yaitu yang tidak kelihatan 
                   oleh mereka, seperti kebangkitan, surga dan 
                   neraka (danmendirikan salat) artinya melakukan
                    nya sebagaimana mestinya (dan sebagian dari
                    yang Kami berikan  kepada mereka) yang kami
                    anugerahkan kepada mereka sebagai rezeki
                    (mereka nafkahkan)mereka belanjakan untuk 
                     jalan menaati Allah.

Kandungan pelajaran :

I.Nahwu :Isim Maushul (kata sambung) dengan kalimat 

                 sebelumnya (AM-B-88;89;91)

Formula : Jumlah fi'iliyah = Fi'il +Fa'il +Maf'ul.



Penjelasan : Surat Al Baqarah Ayat.4
                    ( Hari ke-4)



                والذي ن يوء منون بما انزل اليك 

          وما انزل من قبلك وبل  احرةهم يقنون


Susunan kalimat pada ayat 4 ini sama dengan ayat 3,hanya ada

tambahan penjelasan sbb:

انزل) unzila =yang berarti diturunkan.asal katanya adalah 

          nazala =telah menurun,kemudian dirubah  menjadi 

           anzala =telah menurunkan .

Untuk merubah bentuk di (kalimat pasif)  huruf pertama 

dibaca U huruf kedua dibaca  huruf ketiga dibaca (unzila)

 (lihat :pelajaran ilmu sharaf).


Dengan demikian ayat Q2 ayat 4 diterjemahkan sbb:

004. dan mereka yang beriman kepada Kitab (Al Qur'an)

        yang telah diturunkan kepadamu dan Kitab-kitab yang

         telah diturunkan sebelummu, serta mereka yakin akan adanya

        (kehidupan) akhirat.


Tafsir Jalalain Juz 1

004. (Dan orang-orang yang beriman pada apa yang diturunkan

         kepadamu) maksudnya Alquran, (dan apa yang diturunkan

         sebelummu) yaitu Taurat, Injil dan selainnya (serta mereka

         yakin akan hari akhirat), artinya mengetahui secara pasti.


Penjelasan : Surat Al Baqarah ayat 5.(hari ke 5)


اء لئك علي هدئ من ربهم واء ليك هم المفلحون


Penjelasan sama dengan ayat :5(hari ke 6)

(اء لئك)ulaaika =aladziina (lihat AM B91).

Dengan demikian Q2 ayat 5 bisa diterjemahkan sbb:

005. Mereka itulah yang tetap mendapat petunjuk 

        dari Tuhan mereka, dan merekalah orang-orang 

        yang beruntung. 


        Tafsir Jalalain Juz 1


005. (Merekalah), yakni orang-orang yang memenuhi 

         sifat-sifat yang disebutkandi atas (yang beroleh

         petunjuk dari Tuhan mereka dan merekalah orang-

         orang yang beruntung) yang akan berhasil meraih

         surga dan terlepas dari siksa neraka.


 ان الذين كفروا سوء عليهم اء نذرتهم ام لم تنذرهم لا يوءمنون . 


006.Sesungguhnya orang-orang kafir, sama saja bagi mereka,

         kamu beri peringatan atau tidak kamu beri peringatan, mereka

         tidak akan beriman.


        Tafsir  Jalalain Juz 1.


006. (Sesungguhnya orang-orang kafir) seperti Abu Jahal, Abu 

        Lahab dan lainnya (sama saja bagi mereka, apakah kamu 

        beri peringatan) dibaca, 

        a-andzartahumyakni dengan dua buah hamzah secara tegas. 

         Dapat pula hamzah yang kedua dilebur menjadi alif hingga 

          hanya tinggal satu hamzah saja yang dibaca panjang (atau

          tidak kamu beri peringatan, mereka tidak juga akan beriman.)         

          Hal itu telah diketahui oleh Allah, maka janganlah kamu

         berharap mereka akan beriman. 'Andzar' atau  peringatan,

         artinya pemberitahuan disertai ancaman.


Susunan kalimat pada ayat 6 ini sama dengan ayat 3 hanya ada tambahan penjelasa sbb :

(ان) inna =mempunyai fungsi menashabkan mubtada 

                 (aladzina)merafa'kankhabar (kafaruu)


               ختم الله علي قلو بهم وعلي سمعهم 

           و علي ابصارهم غشوة ولهم اذاب عظيم

.

Susunan kalimat pada ayat 7 ini adalah jumlah fi'iliyah.

(ختمKhotama = fi'il madhi (predikat)Allahu   = Fa'il (Subject)

( قلو بهم) 'ala quluu bihim....= Maf'ul bihi (Object)  


Dengan demikian Q2 ayat 7 bisa diterjemahkan sbb:

007. Allah telah mengunci-mati hati dan pendengaran mereka,

        dan penglihatan mereka ditutup. 

         Dan bagi mereka siksa yang amat berat.

007. (Allah mengunci mati hati mereka) maksudnya menutup 

         rapat hati merekasehingga tidak dapat dimasuki oleh 

         kebaikan (begitu pun pendengaran  mereka) maksudnya

         alat-alat atau sumber-sumber pendengaran mereka 

         dikunci sehingga mereka tidak memperoleh manfaat dari

         kebenaran yang  mereka terima (sedangkan penglihatan 

         mereka ditutup) dengan penutup yang menutupinya 

         sehingga mereka tidak dapat melihat kebenaran 

        (dan bagi mereka siksa yang besar) yang berat lagi tetap


Tidak ada komentar:

Posting Komentar