Kamis, 16 Agustus 2018

MASJID AL-QOMAR: TNQ-2/ 2018. Mukadimah ilmu Ma'rifatillah

MASJID AL-QOMAR: TNQ-2/ 2018. Mukadimah ilmu Ma'rifatillah: Sufisme-01


Surat Al Ikhlas(QS.112/1- 4) adalah surat yang mempunyai nilai sebanding 
dengan sepertiga isi Al Qur an,(Tirmidi juz.4) karena mengandung tauhid 
dengan ketiga (3) macamnya yaitu:
Penjelasan  Ayat 1 :
            1.Tauhid Uluhiyah kalau dalam istilah tasawuf  Dzatulllah
                 Sesuai dengan QS.3/ ayat 18
                (Allah menyaksikan) artinya menjelaskan kepada hamba-hamba-
                 nya dengan  dalil-dalil dan ayat-ayat (bahwasanya tidak ada Tuhan)
                 yakni tidak ada yang disembah dalam wujud ini dengan benar 
                 (melainkan Dia, dan) menyaksikan pula atas yang  demikian
                 itu (para malaikat) dengan pengakuan mereka (dan orang-orang
                  yang berilmu) dari kalangan para nabi dan orang-orang beriman,
                 baik dengan keyakinan maupun dengan  perkataan (menegakkan
                 keadilan) dengan mengatur makhluk ciptaan-Nya. Manshub 
                 disebabkan kedudukannya sebagai hal, sedangkan yang menjadi
                 amilnya ialah arti  keseluruhan yakni hanya Allahlah yang mengatur
                  makhluk-Nya dengan seadil-adilnya.  (Tidak ada Tuhan melainkan Dia)
                 diulangi kembali memperkokoh perkataan sebelumnya 
                (Yang Maha Perkasa) dalam kerajaan-Nya (lagi Maha Bijaksana
                 dalam perbuatan dan  ciptaan-Nya. 
Penjelasan pada ayat 2 :
             2.Tauhid Rububiyah kalau dalam istilah tasawuf ialah Af'alullah
                 (perbuatan Allah)
                 Sesuai dengan  QS.2/ ayat 29 
                 (Dialah yang telah menciptakan bagimu segala yang terdapat di muka
                 bumi) yaitu menciptakan bumi beserta isinya, (kesemuanya) agar kamu
                 memperoleh manfaat dan mengambil perbandingan darinya, (kemudian
                 Dia hendak menyengaja hendak menciptakan) artinya setelah menciptakan
                 bumi tadi Dia bermaksud hendak menciptakan pula (langit, maka 
                 dijadikan-Nya langit itu) 'hunna' sebagai kata ganti benda yang dimaksud
                 adalah langit itu. Maksudnya ialah dijadikan-Nya, sebagaimana didapati
                 pada aya yang lain, 'faqadhaahunna,' yang berarti maka ditetapkan-Nya
                  mereka, (tujuh langit dan Dia Maha Mengetahui atas segala sesuatu)
                 dikemukakan secara 'mujmal' ringkas atau secara mufasshal terinci,
                  maksudnya, "Tidakkah Allah yang mampu menciptakan semua itu dari 
                 mula pertama, padahal Dia lebih besar dan lebih hebat daripada kamu,
                 akan mampu pula menghidupkan kamu kembali?"
Penjelasan pada ayat 3 &4 :
             3.Tauhid Asma wa Sifat.kalau dalam istilah  tasawuf ialah sifatullah
                ( sifat  Allah)
                 Sesuai dengan QS.1 ayat.1
                 (Dengan nama Allah Yang Maha Pemurah lagi Maha Penyayang)
Dari keempat ayat tersebut di ringkas menjadi kalimat Thoyibah :
                                  Laa ilaha illaallah.

              Berdasarkan dalil:
                   Asbabul nuzulnya (sebab ayat ini diturunkan)   Surat Al Ikhlas QS.112 sbb:
                  Orang orang musrik madinah telah mengatakan kepada  Nabi.Muhammad SAW:
                  "Ceritakanlah kepada kami tentang Rabbmu"
                   Maka Allah menurunkan surat: 112

Pada kesempatan selanjutnya kami akan  mengupas lebih detail ,menurut  MISI-2021.
Selamat berjumpa ditahun 2021 dalam program TNQ-2021
selanjutnya perhatikan .......Blogger masjid Al Qomar.








                

  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar