Jumat, 22 April 2016

Buku Pedoman Nahwu Al Fiyah Ibnu Maliki Juz-2 Code File MISI 005/01B (Bait 197 s/d )

Catatan Harian H. Kamat Kamal: Nahwu ibnu Maliki Juz-2

                              Pelajaran ke – 13 (Lam nafsi jinsi ) 
                                                            Bait-197 s/d 205
16/197. 'Amala inna ij'al lilaa fii nakirah mufradatan jaa Atka au mukararah

               Lam nafi jinsi ialah: Laa yang memiliki arti bukan / tidak bagi penjelasan kabar.
               Bila ada Laa nafiyah didalam jumlah isimiyah yang mubtada dan kabarnya
               berupa isim nakirah secara itshal maka bisa menashabkan isim (Mubtada)
               merafakan khabar.seperti lafad inna.
               Berlaku juga bagi mufrad (tunggal) contoh;
               (Laa gulaama rajulin khadhiran)  لا غلام رجل حاضر
               atau juga terjadi yang makrur (laa Khaula wa laa quwata illa billah)
               Ketika Laa berada didalam susunan jumlah isimiyah yang mana Mubtada dan
               khabarnya berupa  isim ma’rafat atau nakirah,sedangkan antar laa dan isim tersebut
               dipisahkan oleh lafad maka, Laa tidak bisa menashabkan mubtada dan merafakankan
               khabar., dan Laa harus ditakrurkan (diabaca ulang)

16/198 Fanshib bihaa mudhaafaan au mudhara'ah   ba'da dzaakal khabaraadz  raafi'ah 

             Apabila ada isim mudhof  atau syibih mudhaf mengandung lam nafi jinsi maka isim
             tersebut harus nashab lafad laa bisa menggunakan aturan sebagai inna cs.
             contoh: laa gulama rajulin khadhirun
             mudhof syibih adalah lafad yang dapat meningkatkan rasa massa terhubung, biasanya
             berupa maf'ulbihi,dlaraf,jer majur.
             Kabarnya lam nafsi jinsi tdidak dapat didahulukan meskipun berupa dlaraf atau jermajrur ..

16/199 Warkiba Limufardan Fatikhan Kuwata dengan seni Kula Watsoni Ij'ala
            Apabila ada isim mufrad menjadi isimnya lam nafi jinsi maka isim tersebut harus
             mabni fatah.
                   Contoh: La Rajula Kdirun. Kula dan la la ilaha Kuwata Billahi
                  (apabila Tatsniyah  maka mabni 'alal ya).
                         contoh : laa muslimaini khaadhiraani ;
            (Ketika jama 'mua'anats salim maka mabni kasrah)
                         contoh: laa muslimaati khaadhiraatun
.           (apabila jama' mudzakar salim  maka mabni 'alal ya)
                         khadhiruuna membunuh Muslim.
            (apabila jama' taksir  maka mabni fatha)
                         laa rijala khaadhirun
             kesimpulan:
             Sim laa nafsi Jinsi Yang Berupa mudhaf Fiatau sibhi tanda mudhaf mu'rab tanda i'rab
             Nsb.
             Apabila ada isim mufrad menjadi isimnya lam nafi jinsi dan sesudah sism mufrad
             tersebut terdapat huruf athaf dengan mengulang lam nafsi jinsi maka isim yg pertama
             mabni fatha,sedangkan isim yang kedua ,bisa
             rafa,(laa seperti amalnya laisa): contoh: laa rajula walaa amratun. dan, bisa
             nashab (athaf kepada mahalnya isim laa), laa yang kedua terjadi zaidah
             contoh : Laa khaula wa laaquwatan  dan bisa
             Fatah
16/200 marfuu'aan au manshubaan au murakaba wa di raf'ta awalaan laatanshibaa
            Apabila ada isim mufrad menjadi isimnya lam nafi jinsi dan sesudah ism mufrad
             tersebut terdapat huruf athaf dengan mengulang lam nafsi jinsi ketika isim yang
             pertama dibaca rafa maka isim yang kedua bisa dibaca rafa dan bisa juga dibaca
             mabni fatah,tetapi tidak bisa dibaca nashab.
16/201 wa mufradaan na'tan limabnii yalii Faftakh awinshiban Awir fa'ta'dil
             Apabila ada isim mufrad menjadi sifatnya isim laa yang memiliki mabni fatha
             secara itshal(langsung) maka mempunyai bentuk :3 macam :
              1.Mabni fatah  contoh: laa rajula dhariifa
              2.Rafa' contoh: laa rajula dhariifun.
              3.Nashab: contoh   laa rajula dharifaan
16/202 wa gaira maa yalii wa gairal mufradi laa tabnii wanshibhu awil raf'aaqshidi
            Apabila ada isim mufrad menjadi  sifatnya laa mabni fatah  (tidak langsung) maka
            mempunyai bentuk 2 macam:
                          1.Nashab: contoh La Rajula Dharifaan Faiha.
                          2.Rafa'      contoh:laa rajula fihaa dhariifun.(  tidak boleh mabni fatah.)
            Apabila ada isim (sifat atau sibhi mudhaf) bukan mufrad menjadi sifatnya isim laa
            nafsi jinsi maka mempunyai bentuk 2 macam:
                          1.Rafa' contoh: laa gulaama rajulin 'aalimun fiihaa.
                          2.Nashab: contoh :La Rajula Shakiba 'Faiha Ilmin.(  tidak boleh mabni fatah.)
16/203 wal’athfu in lam tatkarar lakhkumaa         lahu bimaa li na’tidziil fashli intamaa
            Apabila ada isim diathafkan kepada isimnya laa nafsi jinsi sementara itu athafnya
            tanpa takrur(diulang)maka mempunyai bentuk 2 macam:
              1 Nashab(Maa'tuf Isim Nakirah) tidak boleh mabni fatah.
                 Contoh: Laa rajula wamraatan  fiha Amritn.
              2.Rafa'(ma'tuf isim ma'rifat) tidak boleh mabni fatah
                 Contoh: laa rajula fiihaa.
 16/204 wa a’thi laa ma’hazati istifham                                maa tastakhiqqu duuna istifham
             Apabila ada lam nafsi jinsi mengandung hamyah istifham(pertanyaan) maka
             hukumnya sama dengan lamnafsi jinsi tanpa hamyah istifham..
             Istifham memiliki tga maksud: 1.Mejelekan.2.inkar / menolak.3.Mengharap.
16/205 wasyaa’a fii dzaal baabi isqaathul khabar      idzaal muraadu ma’a suquu thihi dlahar.
             Apabila ada isim menjadi kabarnya lam nafi jinsi, dan sudah jelas maksudnya maka
             khabar tersebut bisa dibuang(tidak disebutkan) Contoh:  laa ilaha illa allah
             Apabila belum jelas maksudnya khabar tersebut maka harus disebutkan.
             Contoh : Rosulullah berkata"laa akhada agyaru minallah"

                                         Pelajaran ke – 14 (  Dlana Cs.)
                                                           Bait:206 s/d 223
 17/206
 17/207
 17/208
            Af'al qulub ada 13(Raa;khola ;'alima,wajada,dlanna,khasiba,za'ama,'adda,khajaa,daraa,ja'ala,)
            Apabila ada mubtada dan khabar mempunyai Af'al qulub maka mubtada dan khabar harus
             nashab.
            Af'al qulub ada dua jenis :1.Af'al tayaqniyah(fi'il yang mempunyai arti yaqin)
                                                      2.Af'al ruj'khan (maf.ul kedua artinya berada pada maf'ul pertama.)
     
17/209/210
                                    Pelajaran ke – 15 ( Fa'il ) 
                                                      Bait:224 s/d 239
18/224
             Fail ada dua macam:
            1.Fa'il isim sharih (jelas)      
            2.Fa'il isim mu'awal (memerlukan ta'wil).
18/225
             Apabila ada fi'il pasti ada Fail terletak sesudah fi'il,tetapi kalau tidak ada Fa'il maka
             Failnya  memakai dhamir mustatir.contoh :
             1.dharaba zaidun  = memakai fa'il sharih.
             2.yu'kibunii an yaqauma zaidun.=memakai isim muawal.
             3.zaidun dharaba =memakai dhomir mustatir( dhamir tidak disebutkan).
                ataka,iyaka =memakai dhamir mustatir.
18/226
            Apabila ada fi'il bertemu dengan fail dhohir dalam bentuk tatsniyah atau jama' maka
            fi'il tidak terpengaruh oleh bentuk tersebut(sama saja utk fi'il madhi/mudhorik)
           .Contoh: qaamalzaidaani wa qaamalzuhadau.
18/227
             Tetapi kadang kadang ada juga fi'il yang memakai alif,wawu,,nun,menyimpang dari
              bait tersebut diatas.
              contoh :sa'idaa zaidaani ; sa'iduu alzaiduu
18/228
               Kadang kadang ada  fi'il yang boleh tidak disebutkan karena utk menjawab suatu soal.
               (Zaidun untuk menjawab soal:man qara a?)
               tetapi ada juga yang harus tidak disebutkan,yaitu ketika fail terletak sesudah in atau idza
                syarthiyah .
               Contoh : wa in akhdun minal musrikiin istajara ka.
                 Ya'ni   : wa inistajara  akhadun.
               Contoh  : idza samaaun syaqat
                  ya'ni   : idzan syaqatil samaa un syaqat 
18/229
              Apabila ada Fi'il bertemu dengan Fail mu'anats maka fi'il bertemu dengan ta ta'nis.
              Mu'anats haqiqi  : Hindun
              Muanats Majasi  : Syamsi ;Ardhu.udunun,yadun.
              Muanats ta'wili   : Kitabun
              Mu'anats khukumi :isim mudhaf mudzakar yang mempunyai mudhaf ilaihi mu'anats/jama'
              taksir.
18/230
              Apabila ada fi'il madhi bertemu dengan fail mu'anats berupa dhomir mutashil (haqiqi atau
              majazi) maka fi'ilnya bertemu dengan ta ta'nits.
              Contoh:  Alsyamsu thala'at
                             Hindun dharabat.
              Apabila ada fi'il  madhi bertemu dengan fa'il  isim dhohir mu'anats haqiqi maka fi'ilnya
              bertemu dengan ta ta'nits.
              Contoh :Dhorabat Hindun  
              Apabila ada fi'il madhi bertemu dengan fail isim dhohir mu'anats majasi maka boleh ber
              temu ta ta'nits boleh tidak bertemu.ta ta'nits.
              Contoh: thala'a syamsu atau thala'alsyamsu.
18/231
               Apabila ada fi'il madhi bertemu dengan fa'il isim dlahir mu'anats haqiqi dan antara fi'il
              dan fail  terdapat lafat pemisah maka boleh tidak memakai Ta ta'nis.
18/232
               Apabila ada fi'il madhi bertemu dengan fa'il isim dlahir mu'anats haqiqi dan antara fi'il
               dan fail terdapat lafat pemisah illa maka boleh tidak memakai Ta ta'nis.dan boleh
                memakainya.
19/233
               Apabila ada fi'il madhi bertemu dengan fa'il isim dlahir mu'anats haqiqi dan antara fi'il
               dan fail  tidak terdapat lafat pemisah  maka harus memakai Ta ta'nis.
19/234
               Apabila ada fi'il madhi bertemu dengan fa'il isim dlahir jama' haqiqi selain jama'mudzakar
               salim dan antara fi'il dan fail terdapat lafat pemisah  maka boleh memakai ta ta'nis juga
               boleh tidak memakainya.
19/235
               Apabila ada lafad ni'ma atau bi'sa bertemu dengan fa'il isim dlahir mu'anats haqiqi  maka
                boleh tidak memakai Ta ta'nis.
19/236
               Pada umumnya Fail dan fi'il selalu berdekatan,tetapi ma'mul dan fi'il selalu terpisah.
                contoh: dhoraba zaidun 'amran (ضرب زيد عمرا )
19/237
                Kadang kadang susunan fail itu ada yang mendahulukan maf'ul mengakhirkan fa'il.
                Contoh : dhoraba 'amran zaidun.( ضرب عمرا زيد  )
                Kadang kadang susunan fail itu ada yang mendahulukan maf'ul sebelum fi'il
                contoh: 'amran dhoraba zaidun.(  عمرا ضرب  زيد   )
                Ada yang wajib:.
                Kalau  istifham pertanyaan  contoh :  ayya rajuli dhorabta? (  اي رجل ضربت    )
                Kalau isim syarat   contoh: ayya rajuli tadhrib adhribhu.(  اي رجل تضرب اضربه )
                Kalau berupa dhomir mutashil contoh iyyaka na'budu (  اياك نعبد  )
19/238
              Apabila Fa'il dan ma'mul berkumpul  tidak ada penjelasan padanya maka :
              Secara umum fail didahulukan sesudahnya baru ma'mul.
                contoh :  ضرب موسئ عيسئ dhoraba musa 'isa (musa menjadi fa'il).
              Apabila ada qarinah (perintah) boleh mendahulukan maf'ul
              Apabila fail berupa isim dhomir maka  mendahulukan Fa'il .
              contoh : dhorabtu zaidan  (  ضربت زيدا )
              Apabila di qashar maka Fail di akhirkan.
              contoh : maa dhoraba zaidan illa anaa (   ما ضرب زيدا الا انا  )
18/239
              Apabila ada  (qoshor)illa atau inama maka isim yang di qoshor diakhrkan
              contoh: maa dharaba 'amran illa zaidun.(ما ضرب عمرا الا زيد)
                           innamaa dharaba 'amran zaidun.( انّما ضرب عمرا  زيد)
19/240
            Apabila ma'mul mempunyai dlomir yang kembali kepada fail maka ma'mul didahulukan.
            Contoh ; khafa rabbahu amru ( خاف ربه عمر )
             Apabila  fa'il berkumpul dengan ma'mul sedangkan lafad yang menjadi fa'il mempunyai
             dhomir yang kembali kepada ma'mul maka Ma'mul harus didahulukan.
         
                         
           
                             Pelajaran ke – 16 ( Na'ibul Fa'il )
                                                      Bait:241 s/d 252
19/241
           Apabila ada fa'il dan maf'ul berkumpul,dan fa'il nya dibuang maka maf'ul nya menggantikan
           fa'il disebut naibul fa'il.hukumnya sama dengan fa'il:
            1.Dibaca rafa'
            2.Tidak boleh mendahului fi'il.
            3.Tidak boleh dibuang.
            4.Apabila mu'anats fi'ilnya bertemu ta ta'nits.
            5.Fi'il nya tidak terpengaruh mu'anats atau jama'
            6.Fi'il wajib dibuang apabila menjadi mufasar.
            7.Apabila didahulukan dari fi'il harus menjadi mubtada.
                contoh:(niila khairu naailin) (نيل خير ناء ل ) asalnya;
                             naala zaidun khaira naailin ( نال زيدخير ناءل)
19/242/243
             Fi'il  madhi atau mudhorik untuk naibul fa'il: huruf pertama dibaca dhomah,huruf kedua
             dibaca kasrah.apabila fi'il madhi,tetapi kalau fi'il mudhorik huruf kedua dibaca fatha.
              contoh : dhuriba ( ضرب) / yudhrabu (يضرب )
19/244
             Fi'il madhi untuk naibul Fa'il  apabila huruf kedua mengandung ta muthawa'ah maka
             huruf kedua dibaca dhomah.contoh: ta'allama ( تعلم)  menjadi tu'ulima.(تعلم )
19/245
             Fi'il madhi untuk naibul Fa'il  apabila diawali hambyah  washal maka huruf yang ketiga
             dibaca dhomah.contoh: istukhrija (اختسرح ),apabila bukan hamyah washal maka  : dibaca
              akrama (اكرم ) menjadi ukrima ( اكرم )
         
         


                        Pelajaran ke – 17 ( Istigolul 'aamil 'anil 'amil )
                                                      Bait:253 s/d 264)
     
         Susunan istighol pasti mempunyai 3 bagian :
          1.Masyghul 'anhu  yaitu lafad yang ditinggalkan oleh 'amil sesudahnya.(Saabiq)
          2.Masyghul bihi yaitu lafad yang terkena 'amalnya isim dhomir yang rujuk kepada isim
             saabiq yaitu 'amil yang terletak sesudah isim saabiq
          3.Syaghil ialah lafad yang terkena 'amil agar supaya meninggalkan 'amalnya kepada
              isim dhohir sebelumnya yaitu isim dhomir.
              contoh : Zaidan dhorabtuhu (  )  Zaidan = masyghul 'anhu. dhorabtu = masyghul bihi.
                            hu = syaghil
19/254

                                    Pelajaran ke -18 (ta'adi wal zumuh)
                                                      Bait:265 s/d 275
                                    Pelajaran ke -19 (Altanazu'ul'amali)
                                                      Bait:276 s/d 283
                        Pelajaran ke -20 (Maf'ul mutlaq)
                                                      Bait:284 s/d 295
                        Pelajaran ke -21 (Maf'ul lahu)
                                                      Bait:296 s/d 300
                        Pelajaran ke -23 (Maf'ul ma'ah)
                                                      Bait:309 s/d 313
                                   Pelajaran ke -24 (Al istitsna')
                                                      Bait:314 s/d 329
                       Pelajaran ke -25 (Hal)
                                                      Bait:330 s/d 353
                       Pelajaran ke -26 (Tamyiz)




                                         Juz-3
                                                        Bait:354 s/d 361
                                  Pelajaran ke – 27 (Kharfu jer ) 
                                 Bait: (362 s / d 381) Fasal -27 Ayat (01 s / d 21)  

 28/362   Haka khurufaal jari wahyamin ilaa      khatta khala khasya ‘adafil’an ‘alaa
                  Disebut khuruf jer karena bisa berfungsi merubah kharakat isim sesudahnya
                  dengan kharakat kasrah (jer) atau bisa menyambung arti dari isim dan fi’il yang
                  disambung.
                  Menurut Imam Maliki jumlah khuruf jer semuanya ada 20 dibagi menjadi dua :
                  Ditinjau dari sambungan:
                  a.Boleh terhubung dengan isim dhahir dan isim dhamir.
                  bTidak dapat terhubung dengan isim dhamir (7 khuruf)

28/363 Mudz mundzu rubbalamu fi waawu mengambil setiap wala'ala wa wal Kafu mataa
                     Ditinjau dari ma’nanya :
                 a Khuruf jer Asli
                 b Khuruf jer Zaidah.
                 c.Khuruf jer sibhu zaidah.
28/364 bi dlahirikhshush mundzu mudz wakhatta   walkaf walwawa waruba waltaa
            Ada 7 huruf jer yang dipakai oleh isim dlahir,tidak boleh dipakai isim dlamir.
                   1.Mud 2.Mundu 3.Khatta 4.kaf qosam 5.rubba 6.Ta qosam.7.wawu qasam.
28/365 waakhshush bimudz wa mundzu waqtaan wabirub   munakaraan waltsau lillahi warab

28/366  wamaa rawau min nakhwi rubahu fattaa   nazru kadza kahaa wa nakhwihi ataa

28/367  ba’’idh wabaina wabtadii fil amkinah  bimin waqad ta atii libad ilazminah 

28/368 waziida fi nafii wasibhihi fajar         nakiratan kamaa libaagi min mafar

28/369 lilintihaa khatta walam wa ilaa   wamin waba un yufhimaani badalaa  





29/370 wa allamu lilmilki wasyibhihi wa fii ta'diyatin aidhaa wata'lilli qufii
           Huruf jer LI  mempunyai arti milik, contoh: (Alkhamdu lillahi….) ada juga
           yang   mempunyai arti shibihilmilik yaitu makna yang disebut  ikhtishash
           contoh : (Al Jilu lilfarisi…) ada juga yang mempunyai arti ta’diyah contoh :
          ( wahabtu li zaidin maalaan) ada juga yang mempunyai arti ta’lil contoh :
          (Ji'tuka Lee Ikramika)
29/372 bilbaa asta'in wa'ada 'Awadh alshiq wa mitsla ma' Wamin wa'an bihaa anthiq
           Huruf  Bi mempunyai arti 9 macam :
            1.isti’aa nah (katbtu bil qalami) 
            2.ta’diyah artinya mendatang fi’il  laazim jermajrurnya pasti maf’ul bihi.contoh
               Dzahabtu bi zaidin (=adzhabtu zaidan)
            3.ta’wiidh  sebagai penukar harga barang.contoh :istarartu  alfarasa bi alfi dirham.
            4.ilshaq (melekat) ada 2 macam :
                        a.Ilshaq haqiqi contoh : amsiktu bizaidin.
                        b.ilshaq majazi contoh: marartu bizaidin.
            5. mushakhabah contoh :ihbith bisalaami (ihbith muslimaan)
            6. mempunyai arti min contoh: email Bakhri bi (min email Bakhri)
            7. mujawazah arti ‘an contoh :saa ala saailun biadzabi waqi’
            8. mempunyai arti dlaraf
            9. Mempunyai arti sebab,
29/381
                     
                     Pelajaran ke – 28 (Idhofah ) 

                                                 Bait: 382- 414
30/382 Apabila ada kalimat mempunyai tanda nun atau tanwin yang berdampingan dengan i'rab
            tasyniyah dan jama' mudzakar salim,dan  menjadi mudhaf maka nun dan tanwin
            harus dibuang.
            dharibaa 'amrin   asalnya .........  dharibaani 'amrin
            Apabila tidak berdampingan i'rab maka nun dan tanwin tidak boleh dibuang.
           
30./383;384
            Apabila ada susunan idhafah maka isim kedua(mudhaf ilaihi)harus  dibaca jer.
            Susunan Indofah mempunyai maksud (Min)  apabila mudhof ilaihi sejenis dengan mudhaf.
            Susunan Indofah mempunyai maksud (Fii) apabila mudhaf ilahi berupa dharaf.
            Selain dua tersebut diatas mempunyai arti (Lii) berarti milik.
            Faedah Idhofah:
            1.Faedah khusus menjelaskan arti  mudhaf,apabila mudhaf ilaihi berupa isim ma'rifat.
            2.Faedah ta'rif mema'rifatkan isim mudhaf,apabila mudhaf ilahi berupa isim nakirah.
               Faedah ta'rif sama dengan  faedah ( Al )ma'rifat.dlm membentuk isim ma'rifat.
.
30/385;386          
            Apabila ada isim sifat yang menyerupai Fi'il mudharik mengenai waaktunya dan menjadi
            mudhaf  maka tidak bisa berfaedah ta'rif,walaupun mudhafilahi berupa isim ma'rifat.
            Apabila waktunya zaman madhi(masa lampau) maka bisa berfaedah ta'rif.
            contoh: Hadza dhaaribuu| zaidin amsi
            Apabila waktunya zaman istimrar (meliputi)seluruh waktu) dan mudhaf kepada dlaraf
            maka bisa berfaedah ta'rif. contoh :Maaliki yaumiddin.
30/387 Idhafah gairu mahdhah = idhofah lafadhiyah yaitu susunan idhafah yang berhubungan
            dengan bacaanya karena i,i'rabnya
             Sedangkan idhafah yang lainnya  ialah idhafah ta'rif dan tahshus,sudah dijelaskan
             dibait depan.
30/388;389
              Apabila ada isim mudhaf pasti tidak mempunyai(Al) kecuali ada syaratnya:
               1.Mudhaf tersebut berupa isim sifat yang mengikuti zaman hal/mustaqbal.
               2.Mudhaf ilaihi harus mengandung Al.atau mudhaf kepada isim yang mengandung Al.
30/390  Apabila ada isim mudhaf berupa isim sifat mengikuti zaman hal atau mustaqbal dan lafad
             tersebut mudhaf isim tatsniyah atau jama' mudzakar salim maka mudhaf bisa kepanjingan
             Al,walaupun mudhaf ilaihi tidak kepanjingan Al. contoh:hadzanil dhaaribaa 'amrin
30.391
             Mudhaf dan mudhaf ilahi tidak boleh mempunyai maksud yang sama
30/392
                   

                               Pelajaran ke – 29 (Mudhaf liayail mutakalim )
                                                 Bait: 415-418
29/3

                               Pelajaran ke – 30 (a'malul Masdar ) 
                                                 Bait: 419-422


Tidak ada komentar:

Posting Komentar