Minggu, 17 Januari 2021

O........DOA Al Baqarah J1 Qs.2/R1 ayat 1-7

Lungguhing Fatihah           Ayat pilihan                                   Ruku'-ke-1.
                               بسم الله الرحمن الرحيم 
Penjelasan : Surat Al Baqarah Ayat.1 ( Hari ke-1)
Fadhilah (keutamaan) surat Al Baqarah:
1.Surat yang pertama turun di Madinah.( penjelasan mengenai syari'at).
2.Berisi pelaksanaan secara global dari Al Qur anul karim. 
Dengan dasar sebuah hadits dari Maqil bin Yasar r.a.
Surat Al Baqarah bagikan punggung Al Qur an,
bahkan puncaknya ,turun bersama tiap ayat,
delapan puluh malaikat,dan diambilkan ayat kursi dari
 bawah Arsy untukdisambung didalamnya.
Dan Surat yasiiin bagaikan Hati Ak Qur an,
Tiada orang yang membaca yasiin dengan ikhlas karena Allah 
dan mengharap pahala  akhirat,melainkan pasti diampunkan baginya,
dan bacalah Yasiin  atas kematianmu sekalian.
 (HR.Ahmad) ditulis di Tafsir Ibnu Kathir Juz.1 Hal.57.

   الم   Ayat ini termasuk  mutasyabihat( Hanya Allah mengetahui).
           Penjelasan : Surat Al Baqarah Ayat.2 ( Hari ke-2)
                 
                     ذلك الكتب لا ريب فيه هدئ للمتقين 

           Penjelasan  Ilmu Tajwid : = Surat Al Fatihah.
Ayat tersebut diatas merupakan susunan jumlah isimiyah,
yang mempunyai khabar berupa jumlah isimiyah pula,
sehingga didalamkhabar tersebut mengandung Mubtada-2.
dan khabar 2 dan seterusnya.
( lihat :MISI 005/1B AM bait 119)  Al Fiyah Ibnu Malik
.
(ذلك)Dzalika = Merupakan  isim isyarah,berfungsi sebagai 
                        Mubtada 1,dengan maksud mengagungkan  
                        kitab Al Qur'an
                        (lihat: MISI 006/1A JM. Bab.I Pasal;6 )
(الكتب)Al kitabu...lilmutaqiin =Merupakan jumlah isimiyah
           berfungsi sebagai khabar 1. ( lihat : MISI 005/1B  
           AM. bait 119)
           Al kitabu =Merupakan isim  Ma'rifat  berfungsi 
           sebagai mubtada 2 juga sebagai khabar 1,(AM bait 119)

(لا ريب فيه)laa raiba fiihi  = Merupakan kalimat nafi (penolakan)
 berfungsi sebagai  khabar-2. terdiri dari  susunan Lam nafi  jinsi
 dan susuna hurun jer.
           laa raiba   = raiba adalah isim yang terletak sesudah 
           Laa dibaca  nashab (Fathah)

  (   فيه    )   Fii hi   = Fii adalah huruf jer dan Hi adalah isim 
                                  dhomir (Jer Majrur) dibaca   jer(kasrah).

(هدئ للمتقين)hudal lil mutaqiin =Merupakan jumlah isimiyah
                                                   sebagai khabar -2

                Huda  
= Isim Masdar sebagai mubtada-3,

lil mutaqiin =Khabar-3 dengan susunan huruf jer. Li berfungsi
                      sebagai maf'ul jama' (Object) dengan tanda ya mati 
                      dan nun fathah.

Dengan demikian QS.2. ayat 2 bisa diartikan sbb:

002. Kitab (Al Qur'an) ini tidak ada keraguan padanya;
        petunjuk bagi mereka yang bertakwa,


-Tafsir : Jalalain Juz 1.      Ilmu Nahwu : File code.MISI 005/01B.

002. (Kitab ini) yakni yang dibaca oleh Muhammad saw. 
        (tidak ada keraguan) atau kebimbangan (padanya) bahwa 
         ia benar-benar dari Allah swt.
         Kalimat negatif menjadi predikat dari subyek 'Kitab ini', 
         sedangkan kata-kata isyarat 'ini' dipakai  sebagai 
         penghormatan. (menjadi petunjuk) sebagai predikat
         kedua, artinya menjadi penuntun (bagi orang-orang yang
         bertakwa) maksudnya orang-orang yang mengusahakan 
         diri mereka supaya menjadi takwa dengan jalan mengikuti 
         perintah dan menjauhi larangan demi menjaga diri dari api
         neraka.
         Setelah kita meminta petunjuk didalam surat Al Fatihah 
         ayat 6,maka Allah memberikan petunjuk yang dijelaskan 
         didalam ayat ini.yaitu Al Qur an sebagai Hudan(هدئ ) .

         Dalam ilmu Balaghah(kitab Jauhar Maknun Bab II pasal 6.4) 
         menjelaskan :musnad ilaihi (dzalika) berupa isim isyarah
         dimaksudkan untuk mengagungkan/memuliakan musyar
         ilaihi(al kitabu). file code.MISI 006/01A

Kandungan pelajaran : 
 Formula : Jumlah isimiyah = Mubtada + Khabar.

I. Nahwu :Khabar (predikat) dari jumlah Isimiyah bisa berupa
                 jumlah Isimiyah./jumlah fi'iliyah. (AM.B-119)
I. Ma'ani  :Kitab Al Qur'an harus diagungkan (JM-BAB I pasal 6.4)
    


Penjelasan : Surat Al Baqarah Ayat.3 ( Hari ke-3)


                  الذئن يوء منون بالغيب ويقيمون الصلاة
                                   و مما رزقنهم ينفقون

 Alladzina = adalah  isim maushul (kata sambung) jama’
                     sebagai mubtada (subject) dengan ditandai
                     Ya   mati dan nun.fathah
                     Maksud dari susunan kalimat ini dibentuk ialah
                     untuk mengkonkritkan tujuan (taqrir) dari kalimat
                     sebelumnya yaitu kalimat mutaqiin.
                     (JM Bab-2 pasal 5 file.MISI 006/01A)
   AM B-88  Lafad isim maushul yang berupa isim yaitu
                     alladzi untuk waqi’ mufrad mudzakar( orang
                     laki-laki tunggal)
                    Tetapi kalau perempuan tunggal allati kadang
                     kadang diucapkan alladzu untuk laki laki atau
                     allatu untuk perempuan.
  AM B-89  Apabila untuk tatsniyah(orang dua) ya dibuang
                    dan nun nya bisa ditasjid: apabila rafa  diganti
                    dengan alif dan nun (alladzaanni;allataanni)
                    apabila nashab/jer diganti dengan Ya dan nun kasrah
                    (alladzainni;allatainni)
  AM B-91  Apabila waqi’ jama’ mudzakar maka memakai
                    al ula atau alladzina
                    walaupun kondisi makhal nya rafa’/nashab/jer.

( يوء منون) yu'minuna adalah jumlah fi’iliyah sebagai khabar
                   (predikat )fi'il mudhorik(Presentence)
                   dari aladzina,sedangkan bil goibi sebagai maf’ul bihi
                   (object-1)  dengan huruf jer Bi maka huruf akhirnya
                    dibaca kasrah.
                   yuqimuna  adalah fi’il mudhorik (kata kerja masa
                   sekarang/masa   yang akan datang) dengan tanda
                   mempunyai mudharaah (awalan) Ya,dalam bentuk 
                   jama’(lebih dari dua) ditandai wawu mati dan  nun 
                   fathah.(rafa’ jama’) pada akhir kalimatnya.
                   Wa  adalah athaf nashaq yang mempunyai arti dan
                    rujuk(kembali artinya ) kepada Alladzina.
      ( الصلاة)Ash sholaata adalah maf’ul bihi (object-2) merupakan 
                    isim ma’rifat dibaca nashab (Fathah)
          (مما)   Mimmaa   adalah (isim maushul) kata sambung 
                    (B-88  B-93).
( رزقنهم) razaqnaahum adalah jumlah  fi’iliyah (razaq sebagai fi’il ;
                     Naa adalah isim dhomir sebagai fail sedangkan
                     hum  adalah isim dhomir sebagai maf’ulbihi
                     (object-3)

(ينفقون) yunfiquun adalah fi'il mudharik jama' mudzakar salim.

Dengan demikian  Q.2/ayat 3 bisa diterjemahkan sbb:
           003. (yaitu) mereka yang beriman kepada
                    yang ghaib, yang mendirikan shalat dan
                    menafkahkan sebahagian rezki  yang kami
                    anugerahkan kepada mereka,
Tafsir Jalalain Juz 1.

           003. (Orang-orang yang beriman) yang membenarkan
                   (kepada yang gaib) yaitu yang tidak kelihatan oleh
                   mereka, seperti kebangkitan, surga dan neraka (dan
                    mendirikan salat) artinya melakukannya sebagaimana
                    mestinya (dan sebagian dari yang Kami berikan 
                    kepada mereka) yang kami anugerahkan kepada
                    mereka sebagai rezeki (mereka nafkahkan)
                    mereka belanjakan untuk jalan menaati Allah.

Kandungan pelajaran :
I.Nahwu :Isim Maushul (kata sambung) dengan kalimat 
                 sebelumnya (AM-B-88;89;91)
Formula : Jumlah fi'iliyah = Fi'il +Fa'il +Maf'ul.




Penjelasan : Surat Al Baqarah Ayat.4 ( Hari ke-4)


                والذي ن يوء منون بما انزل اليك 
          وما انزل من قبلك وبل  احرةهم يقنون

Susunan kalimat pada ayat 4 ini sama dengan ayat 3,hanya ada
tambahan penjelasan sbb:
( انزل) unzila =yang berarti diturunkan.asal katanya adalah 
          nazala =telah menurun,kemudian dirubah  menjadi 
           anzala =telah menurunkan .
Untuk merubah bentuk di (kalimat pasif)  huruf pertama 
dibaca U huruf kedua dibaca  huruf ketiga dibaca A (unzila)
 (lihat :pelajaran ilmu sharaf).

Dengan demikian ayat Q2 ayat 4 diterjemahkan sbb:
004. dan mereka yang beriman kepada Kitab (Al Qur'an)
        yang telah diturunkan kepadamu dan Kitab-kitab yang
         telah diturunkan sebelummu, serta mereka yakin akan adanya
        (kehidupan) akhirat.

Tafsir Jalalain Juz 1sss
004. (Dan orang-orang yang beriman pada apa yang diturunkan
         kepadamu) maksudnya Alquran, (dan apa yang diturunkan
         sebelummu) yaitu Taurat, Injil dan selainnya (serta mereka
         yakin akan hari akhirat), artinya mengetahui secara pasti.

Penjelasan : Surat Al Baqarah ayat 5.(hari ke 5)

اء لئك علي هدئ من ربهم واء ليك هم المفلحون

Penjelasan sama dengan ayat :5(hari ke 6)
(اء لئك)ulaaika =aladziina (lihat AM B91).
Dengan demikian Q2 ayat 5 bisa diterjemahkan sbb:
005. Mereka itulah yang tetap mendapat petunjuk 
        dari Tuhan mereka, dan merekalah orang-orang 
        yang beruntung. 

        Tafsir Jalalain Juz 1

005. (Merekalah), yakni orang-orang yang memenuhi 
         sifat-sifat yang disebutkandi atas (yang beroleh
         petunjuk dari Tuhan mereka dan merekalah orang-
         orang yang beruntung) yang akan berhasil meraih
         surga dan terlepas dari siksa neraka.

 ان الذين كفروا سوء عليهم اء نذرتهم ام لم تنذرهم لا يوءمنون

006.Sesungguhnya orang-orang kafir, sama saja bagi mereka,
         kamu beri peringatan atau tidak kamu beri peringatan, mereka
         tidak akan beriman.

        Tafsir  Jalalain Juz 1.

006. (Sesungguhnya orang-orang kafir) seperti Abu Jahal, Abu 
        Lahab dan lainnya (sama saja bagi mereka, apakah kamu 
        beri peringatan) dibaca, 
        a-andzartahum, yakni dengan dua buah hamzah secara tegas. 
         Dapat pula hamzah yang kedua dilebur menjadi alif hingga 
          hanya tinggal satu hamzah saja yang dibaca panjang (atau
          tidak kamu beri peringatan, mereka tidak juga akan beriman.)         
          Hal itu telah diketahui oleh Allah, maka janganlah kamu
         berharap mereka akan beriman. 'Andzar' atau  peringatan,
         artinya pemberitahuan disertai ancaman.

Susunan kalimat pada ayat 6 ini sama dengan ayat 3 hanya ada tambahan penjelasa sbb :
(ان) inna =mempunyai fungsi menashabkan mubtada 
                 (aladzina)merafa'kankhabar (kafaruu)

               ختم الله علي قلو بهم وعلي سمعهم 
           و علي ابصارهم غشوة ولهم اذاب عظيم
.
Susunan kalimat pada ayat 7 ini adalah jumlah fi'iliyah.
(ختم) Khotama = fi'il madhi (predikat)Allahu   = Fa'il (Subject)
( قلو بهم) 'ala quluu bihim....= Maf'ul bihi (Object)  

Dengan demikian Q2 ayat 7 bisa diterjemahkan sbb:
007. Allah telah mengunci-mati hati dan pendengaran mereka,
        dan penglihatan mereka ditutup. 
         Dan bagi mereka siksa yang amat berat.
007. (Allah mengunci mati hati mereka) maksudnya menutup 
         rapat hati merekasehingga tidak dapat dimasuki oleh 
         kebaikan (begitu pun pendengaran  mereka) maksudnya
         alat-alat atau sumber-sumber pendengaran mereka 
         dikunci sehingga mereka tidak memperoleh manfaat dari
         kebenaran yang  mereka terima (sedangkan penglihatan 
         mereka ditutup) dengan penutup yang menutupinya 
         sehingga mereka tidak dapat melihat kebenaran 
        (dan bagi mereka siksa yang besar) yang berat lagi tetap

Pendapat MISI 2020 :
Allah menciptakan manusia ada 2(dua) sifat.
Rukuk 1 Surat Al Baqarah (ayar 1 s/d 5 ) adalah
 merupakan jawaban Allah terhadap hambanya 
 yang memohon petunjuk jalan yang benar di
 surat Al Fatihah ayat 6,sehingga orang orang 
yang beriman bisa menjalankannya dengan benar
 dan jujur.
Mereka mempunyai derajad Mutaqiin
Rukuk 1 Surat Al Baqarah (ayat 6 & 7 ) menjelaskan
 orang yang tidak mendapat petunjuk dari Allah swt.
Mereka mempunyai derajad Kafiriin.
Untuk lebih jelasnya ikuti di Buletin kami  File Pdf..GABA-20 Qs.1/R1
 mbah.kamal@mail.com.
         

Tidak ada komentar:

Posting Komentar